Panduan Literasi dan STEAM di PAUD Kurikulum Merdeka

Panduan Literasi dan STEAM di PAUD Kurikulum Merdeka

Deskripsi

Panduan Literasi dan STEAM di PAUD Kurikulum Merdeka

BukuYunandra.com. Kemendikbudristek mengeluarkan Panduan Literasi dan STEAM di PAUD sebagai acuan implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD.

Berdasarkan SK Kepala BSKAP No. 33 Tahun 2022, Literasi dan STEAM merupakan elemen capaian Pembelajaran di jenjang PAUD.

Baca: SK BSKAP No. 33 Tahun 2022 Perubahan SK BSKAP No. 8 2022 Capaian Pembelajaran PAUD dan Dasmen pada Kurikulum Merdeka

Naskah Panduan Literasi dan STEAM di PAUD Kurikulum Merdeka

Panduan Elemen Capaian Pembelajaran Literasi dan STEAM disusun dengan tema berikut

BAB 1 Literasi dan STEAM

  • A. Literasi
    • Apa itu literasi ?
    • Bagaimana literasi pada anak usia dini ?
    • Mengapa literasi penting untuk anak usia dini ?
    • Bagaimana dukungan guru dan orang tua agar anak mendapat
      pengalaman literasi yang bermakna ?
      Bagaimana lingkungan yang kaya literasi untuk anak usia dini ?
  • B. STEAM
    • Apa itu STEAM ?
    • Bagaimana STEAM dapat memunculkan solusi terhadap
      permasalahan?
    • Apa contoh pengintegrasian STEAM yang menghasilkan solusi?
    • Mengapa anak usia dini?
    • Bagaimana STEAM pada Anak usia dini?
  • C. Keterkaitan Literasi dan STEAM
    • Apa yang perlu dilakukan guru untuk menghadirkan kegiatan yang bermuatan Literasi dan STEAM?

BAB 2 Tujuan Pembelajaran untuk Capaian Pembelajaran Elemen Dasar – Dasar Literasi dan STEAM 

  • A. Capaian Pembelajaran Elemen Dasar – Dasar Literasi dan STEAM
  • B. Tujuan Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM
    • Bagaimana menerjemahkan CP Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM menjadi tujuan pembelajaran dalam kurikulum di Sekolah Penggerak?
  • C. Tujuan Kegiatan
    • Bagaimana cara mencapai tujuan kegiatan itu?

BAB 3 Pengembangan Rencana Kegiatan Pembelajaran yang Bermuatan Literasi dan STEAM

  • A. Pengembangan Rencana Kegiatan Pembelajaran
    • Apa yang harus diperhatikan guru dalam mengembangkan rencana kegiatan pembelajaran ?
    • Bagaimana jika guru belum mengetahui minat anak?
    • Jika minat anak sudah diketahui, bagaimana cara mengembangkannya menjadi kegiatan pembelajaran?
    • 1. Cerita sebagai inspirasi kegiatan bermain
    • 2. Menemukan konsep dalam cerita
    • 3. Membuat peta konsep yang ditemukan dalam cerita
  • B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
    • Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian

BAB 4 Pengelolaan Lingkungan dan Kegiatan Pembelajaran yang Bermuatan Literasi dan STEAM

  • A. Pengelolaan Lingkungan Belajar yang Bermuatan Literasi dan STEAM
    • Apa tujuannya?
    • Apa fungsinya?
    • Prinsip apa saja yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan lingkungan kegiatan yang bermuatan Literasi dan STEM
    • Media apa saja yang bisa digunakan dalam pengelolaan kegiatan yang bermuatan Literasi dan STEAM?
  • B. Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran yang Bermuatan Literasi dan STEAM
    • Apa tujuannya?
    • Apa fungsinya?
    • Prinsip apa saja yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan kegiatan yang bermuatan Literasi dan STEAM ?
    • Bagaimana cara guru menetapkan strategi yang berbeda dalam mencapai tujuan pembelajaran?
    • Bagaimana bentuk perancah (scaffolding) yang dapat dilakukan guru pada kegiatan yang bermuatan Literasi dan STEAM?
  • C. Contoh Pengelolaan Lingkungan dan Kegiatan Pembelajaran yang
    Bermuatan Literasi dan STEAM…..

 

BAB 5 Asesmen

  • Bagaimana cara guru melakukan asesmen terkait Capaian Pembelajaran
    Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM ?

    • 1. Melakukan pengamatan terhadap anak
    • 2. Mengolah hasil pengamatan ke dalam bentuk dokumentasi anak
    • 3. Mengidentifikasi capaian pembelajaran anak terkait Elemen
      Dasar – Dasar Literasi dan STEAM berdasarkan dokumentasi anak
    • 4. Mengevaluasi proses pembelajaran dari hasil capaian dan minat anak….. 128
    • 5. Pengembangan Kegiatan Lanjutan

LAMPIRAN

  • Apa yang harus dilakukan guru untuk dapat melaksanakan seluruh proses
    kegiatan yang bermuatan Literasi dan STEAM?

    • 1. Guru menerjemahkan Tujuan Pembelajaran di Kurikulum Sekolah
      menjadi Tujuan Kegiatan
    • 2. Guru menemukan minat anak
    • 3. Guru menggunakan cerita sebagai inspirasi kegiatan
    • 4. Guru membuat peta konsep dan rancangan kegiatan
    • 5. Guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
    • 6. Guru mengelola lingkungan belajar
    • 7. Guru mengelola kegiatan pembelajaran
    • 8. Guru melakukan asesmen

Adapun naskah utuhnya bisa dibaca di bawah ini:

Untuk mendapatkan filenya dapat diunduh di link bawah ini